26 Juli 2013

KONSTANTA NEGATIF: BENAR ATAU SALAH?

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgzHgWYZra6z8gL1hytVrM5jd93CPfLx_mKrLPpQOJB23jVWAObduFbY-fPHAmXE5_ATV9y1QaLc51DtMC-JXhsse3x6ZaB6hOzbG_6EO28li4tIUHvDqsDq_L-iAHJxeGe0yt0ylay9tc/s320/iluvindonesia.png

Persamaan dasar regresi linear berganda ditulis dengan Y = a + b1X1 + b2X2+…+ bnXn. Nilai konstanta (a) menunjukkan besarnya nilai variabel Y jika variabel X adalah 0. Sedangkan nilai b menunjukkan besarnya perubahan variabel Y jika variabel X berubah sebesar satu satuan.
Pada variabel-variabel penelitian tertentu, tidak sulit untuk membuat interpretasi atas nilai konstanta maupun koefisien regresi. Perhatikan hasil persamaan regresi sebagai berikut:

Y = 1,2 + 2,5 X1 + 3,2 X2

Misal, variabel Y adalah Return On Equity (ROE), X1 adalah Rentabilitas Aktiva (ROA), dan X2 adalah Hutang. Maka, nilai konstanta 1,2 menunjukkan besarnya Return On Equity (ROE) adalah 1,2 jika nilai Rentabilitas Aktiva (ROA) dan Hutang adalah 0 (nol).
Namun, bagaimana jika yang terjadi nilai konstanta adalah negatif? Sedangkan variabel terikat (Y) yang diteliti adalah tidak mungkin bernilai negatif. Apakah berarti persamaan regresi yang dihasilkannya salah? Perhatikan persamaan regresi berikut ini:

Y = -2,30 + 2,5X1 + 0.07X2
Jika nilai X1 = X2 = 0, akan diperoleh Y = -2,30. Nilai ini adalah mustahil karena bila variabel Y adalah jumlah penawaran tenaga kerja, maka jumlah penawaran tenaga kerja tidak akan pernah negatif.
Maka yang harus diperhatikan adalah memastikan apakah asumsi-asumsi regresi sudah terpenuhi sehingga model regresi dapat dikatakan bersifat BLUE (Best Linear Unbiased Estimator). Asumsi regresi linier klasik tersebut antara lain adalah: model regresi dispesifikasikan dengan benar, data berdistribusi normal, tidak terjadi heteroskedastisitas, tidak terjadi multikolinieritas antar peubah bebas, dan tidak terjadi autokorelasi (untuk data yang diurutkan berdasarkan waktu/time series).
Meskipun demikian, konstanta yang negatif ini tidak menjadi masalah sepanjang X1 dan X2 tidak mungkin sama dengan 0 karena tidak mungkin dilakukan. Yang perlu dipertimbangkan justru mencari nilai X1 dan X2 terendah sehingga tidak lagi ada tenaga kerja yang ditawarkan. Misalnya nilai minimum (dan peraturan yang ada) upah terendah adalah Rp 50,- per jam dan usia tenaga kerja adalah 18 tahun. Bila ini dimasukkan dalam persamaan akan diperoleh Y = -2,30 + (2,5).(0,50) + (0,07).(18) = 0,26. Jadi, pada umumnya nilai konstanta yang negatif bukan menjadi alasan untuk menyimpulkan bahwa persamaannya salah (Lihat Rietvield dan Sunaryanto, 1994).
Semoga bermanfaat!
Sumber:
Dapat dilihat disini

16 komentar:

  1. mau nanya dong jika judulnya pengaruh kompetensi dan independensi terhadap kualitas audit nah konstantanya hasilnya minus, bisa dijelasin gak itu knp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin rentang x dan y terlalu jauh, misal x rentangnya 1 s.d. 8 sedangkan y 100 s.d. 800. Selama semua tahap BLUE terpenuhi, no problem, cuman sering terjadi keanehan dalam menginterpretasikannya

      Hapus
    2. Hai Kak M. HQ. Iya emang yang saya juga gitu karena rentangnya terlalu jauh. Jadi interpretasiinnya apa adanya aja? Walaupun jadi aneh kalimatnya

      Hapus
  2. Assalamualaikum,
    Izin bertanya.
    Dalam kuesioner saya, jumlah pertanyaan/indikator tidak sama antar beberapa variabel nya. Yang ingin saya tanyakan, pada saat menginput data apakah nilai yang ada langsung dimasukan atau ada persamaan2 dulu?
    Terimakasih.

    BalasHapus
  3. assalamualiku.. saya mau beretanya dalam kasus penelitian saya. untuk nilainkonstatnta bersipat / nilai negatif apa ini menunjukan penelitian saya salah? mohon pencerahanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. bantu jawab,
      gak salah kok, asal nilai x nya bukan nol

      Hapus
    2. Mb minta bantuanya, kalau x1234 nilainya
      0.143
      0.405
      0.144
      0.160
      Itu gimana ya??

      Hapus
  4. Assalamualaikum mas.
    Ini saya mau tanya, judul penelitian saya tentang pengaruh ROA, EPS, DPS dan DER terhadap harga saham pada perusahaan yang terdaftar di index LQ45.
    Hasil uji regresi linier berganda pada penelitian saya adalah Y= -3,380 + 0,482ROA + 0,009EPS + 0,011DPS + 0,508DER.
    Minta tolong sekali kak jelasin kenapa bisa gitu. Terima kasih, wassalamu'alaikum war wab.

    BalasHapus
  5. mau nanya donk, judul nya pengaruh sanksi, sosialisasi terhadap kepatuhan wajib pajak, nah koefisien dari konstanta nya minus, itu bagaimana yah??

    BalasHapus
  6. Assalamualaikum minta bantuannya semuasem, kalo konstanta dan koefisien nya negatif dalam 1 hasil tabel gimnabitu penjelasan nya? Terima kasih 🙏

    BalasHapus
  7. Izin tanya
    Kalau nilai slope (b) negatif bagaimana ya?

    BalasHapus
  8. Mau bertanya kak, judul skripsi saya analisis regresi parameter hambatan produktivitas crusher, saya sudah mendapat persamaannya terjadi konstanta nya adalah 0 bulat, apakah bisa ?

    BalasHapus
  9. Mau nanya kak, judul Skripsi saya analisis kinerja karyawan nah satu Variabel saya tdk SiG apakah mempengaruhi nilai constanta? Soalnya nilaiconstanta saya mines kak. Itu kira kira penjelasannya gimana ya kak ? Trimksh

    BalasHapus
  10. assalamualaikum kak, mohon bantuannya, judul saya pengaruh kompensasi dan senioritas terhadap loyalitas pekerja, ketika saya anaisis regresi nilai konstantanya negatif, bagaimana penjelasan logis agar dapat diterima dosen saya? terimakasih

    BalasHapus
  11. minta tolong kak, lagi bingung jawab pertanyaan dosen mengenai data minus pada kualitas produk terhadap minat beli, -495
    mohon bantuannya kak T_T

    BalasHapus