22 Agustus 2013

KONSEP PERMINTAAN, PENAWARAN DAN EQUILIBRIUM

Permintaan
Pengertian Permintaan adalah Keinginan konsumen membeli suatu barang pada berbagai tingkat harga selama periode waktu tertentu.
Teori permintaan menjelaskan hubungan antara jumlah barang yang diminta dengan harga dan patuh pada hukum permintaan.
Hukum permintaan menjelaskan apabila harga suat barang naik, maka jumlah barang yang diminta oleh konsumen akan turun.
Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan:
  1. Harga barang itu sendiri
  2. Harga barang lain yang terkait
  3. Tingkat pendapatan per kapita
  4. Selera atau kebiasaan
  5. Jumlah penduduk
  6. Perkiraan harga di masa mendatang
  7. Distribusi pendapatan
  8. Usaha-usaha produsen meningkatkan penjualan
Skedul Permintaan
Suatu cara untuk menunjukkan hubungan antara jumlah barang yang diminta pada berbagai tingkat harga, yang ditunjukan dengan tabulasi angka-angka harga maupun jumlah permintaan
Fungsi Permintaan
Permintaan yang dinyatakan dalam hubungan matemais dengan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Dengan fungsi permintaan, maka kita dapat mengetahui hubungan antara variabel tidak bebas (dependent variable) dan variabel-variabel bebas (independent variables).
Dx = f(Px, Py, Y/cap, sel, pen, Pp, Ydist, prom)…

Dimana:
Dx : permintaan akan barang X
Px : harga X
Py : harga y ( barang substitusi atau komplemen )
Y/cap : pendapatan per  kapita
Sel: selera atau kebiasaan
Pen : jumlah penduduk
Pp : perkiraan harga X periode mendatang
Ydist : distribusi pendapat
Prom : upaya produsen meningkatkan perjualan (promosi)

Kasus Pengecualian
  1. Barang yang memiliki unsur spekulasi
  2. Barang Prestise
  3. Barang Giffen (Giffen Paradox)
Penawaran
Pengertian Penawaran adalah jumlah barang yang produsen ingin tawarkan (jual) pada berbagai tingkat harga selama satu periode tertentu.
Faktor-faktor yang menentukan tingkat penawaran adalah harga jual barang yang bersangkutan, serta faktor-faktor lainnya yang dapat disederhanakan sebagai faktor non harga.
Faktor-faktor yang mempengaruhi Penawaran
  1. Harga barang itu sendiri
  2. Harga barang lain yang terkait
  3. Harga faktor produksi
  4. Biaya produksi
  5. Teknologi produksi
  6. Jumlah pedagang/penjual
  7. Tujuan perusahaan
  8. Kebijakan Pemerintah
Schedul Penawaran
Suatu cara untuk menunjukkan hubungan antara jumlah barang yang ditawarkan pada berbagai tingkat harga, yang ditunjukkan dengan tabulasi angka-angka harga maupun jumah penawaran.
 
Fungsi Penawaran
Penawaran yang dinyatakan dalam hubungan matematis dengan faktor-faktor yang mempengaruhinya.
Sx = f(Px, Py, Pi, C, tek, ped, tuj, kebij)…

Di mana:
Sx : Penawaran akan barang X
Px : Harga X
Py : Harga Y (Barang subsitusi atau komplemen)
Pi : Harga input
C : Biaya produksi
tek : teknologi produksi
ped : jumlah pedagang/penjual
tuj : tujuan perusahaan
kebij : kebijakan pemerintah

Kasus Pengecualian
  1. Constant cost supply
  2. Kurva penawaran yang inelastis sempurna
  3. Backward Bending Supply
  4. Decreasing Cost Supply
Keseimbangan Pasar
Tingkat harga maupun jumlah barang yang diminta dalam keadaan seimbang dan tidak ada kekuatan/kecenderungan untuk berubah.
Harga Equilibrium adalah harga yang terjadi pada saat jumlah barang yang diminta sama dengan jumlah barang yang ditawarkan.
Harga Disequilibrium adalah harga yang terjadi saat jumlah yang diminta tidak sama dengan jumlah yang ditawarkan
Pergeseran Permintaan maupun penawaran
 
Kegagalan Pasar
  1. Informasi tidak sempurna (Incomplete information)
  2. Daya monopoli (Monopoly Power)
  3. Eksternalitas (Externality)
  4. Barang publik (public goods)
  5. Barang Altruisme (Altuism good)
Intervensi Pemerintah
- Kontrol Harga
   * Harga dasar (floor price)
   * Harga tertinggi (Celling pirce)
   * Kuota
- Pajak dan subsidi
   * Pajak
   * Subsidi
- Tarif dan quota

0 komentar:

Posting Komentar