Elastisitas
Permintaan
1.
Dalam rangka
pengambilan keputusan manajerial, maka pihak manajemen harus mengetahui
besarnya respon perubahan permintaan konsumen akibat adanya perubahan
faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan tersebut.
Faktor-faktor
yang mempengaruhi permintaan konsumen terhadap suatu barang dapat dibedakan
menjadi:
a.
Faktor-faktor
yang dapat dikontrol oleh perusahaan seperti harga barang itu sendiri dan biaya
iklan. Faktor-faktor ini disebut Variabel Endogen.
b.
Faktor-faktor
yang berada di luar kontrol perusahaan seperti pendapatan konsumen, harga pesaing,
suku bunga kredit dan lain-lain. Faktor-faktor ini disebut Variabel Eksogen.
Pengukuran
kuantitatif besarnya respon perubahan permintaan akibat adanya perubahan
faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan konsumen terhadap suatu barang
disebut Elastisitas.
Sehingga
rumus Elastisitas secara umum dapat dinyatakan:
Rumus lihat disini
Elastisitas: Persentase perubahan
variabel dependen (tidak bebas) akibat adanya perubahan variabel independen
(bebas) sebanyak 1%.
Elastisitas Harga Permintaan
Untuk mengetahui sampai sejauh mana
respon suatu permintaan terhadap perubahan harga, digunakan suatu pengukuran
kuantitatif yang dinamakan Elastisitas Harga Permintaan.
Elastisitas harga permintaan : mengukur
besarnya persentase perubahan jumlah(kuantitas) barang yang diminta per periode
waktu akibat adanya suatu persentase perubahan harga, dengan menganggap
variabel independen lainnya dalam fungsi permintaan konstan.
Rumus lihat disini
Elastisitas Pendapatan Permintaan
Elastisitas pendapatan permintaan ini
mengukur respon permintaan terhadap perubahan pendapatan dengan menganggap
variabel lainnya konstan.
Rumus lihat disini
Elastisitas Pendapatan Permintaan
dan Jenis Barang
Rumus lihat disini
Hubungan Elastisitas Harga
Permintaan dengan Hasil Penjualan (Total Revenue = TR)
Terdapat 3 bentuk hubungan antara elastisitas
harga permintaan dengan total revenue TR.
1.
Apabila [Ep] > 1 (elastis)
maka hubungan antara perubahan harga dengan perubahan hasil penjualan adalah
negatif, yaitu jika P turun maka TR akan naik,dan sebaliknya.
2.
Apabila [Ep]=1 (elastis uniter)
maka hubungan antara perubahan harga dengan perubahan hasil penjualan adalah
nol. Yaitu jika P naik atau P turun maka TR-nya tidak beruba.
3.
Apabila [Ep]
< 1 (tidak elastis) maka hubungan antara perubahan harga
(kenaikan/penurunan) dengan perubahan hasil penjualan adalah positif. Yaitu
apabila harga naik maka TR akan naik dan jika harga turun maka TR juga turun.
Silahkan download materi ppt disini
Sumber:
0 komentar:
Posting Komentar